Selasa, 01 Mei 2012

SILABUS MATEMATIKA WILDA

Silabus PEMBELAJARAN


Sekolah    : SMPK Binawirawan Maumere
Kelas    : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester    : I (satu)
BILANGAN
Standar Kompetensi : 1.  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah


    
               Penilaian   
    
       
                    Teknik    Bentuk     Contoh Instrumen                
1.1    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

    
     Melakukan  diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan)
Menyebutkan bilangan bulat
Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.    ·1    Memberikan contoh bilangan bulat


    Tes tertulis    Uraian    Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10
    1x40 menit    ·
·
·
·
·
·
·       
          Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan    ·1    Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan     Tes tertulis    Uraian   

Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut!    1x40 menit           
          Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran
Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif    ·1    Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
    Tes tertulis    Uraian    A. Hitunglah
    1. 4 + (-7) = .
    2. -3 –(-8) =.
    3. 8x(-12)=.
    4. (-36):4=.
    5. -4 + 7 x -2 = .
B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan?    2x40 menit           
          Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga.
    ·1    Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
    Tes tertulis    Uraian    Berapakah
 a. (-5)               
 b.  43 
 c.  
 d.      2x40 menit           
          Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan
Menyebutkan bilangan pecahan.
Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan.    ·2    Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen.
    Tes tertulis    Isian singkat    Tulislah beberapa contoh bilangan pecahan masing-masing dalam bentuk:
a. Pecahan biasa
b. Desimal
c. persen.    1x40 menit           
          Mendiskusikan bilangan pecahan senilai
Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.    ·3    Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.



·4    Mengurutkan bilangan bentuk pecahan
    Tes tertulis    Uraian    1. Ubahlah bilangan 1   dalam bentuk desimal dan persen
2. Ubahlah bilangan 0,75 dalam bentuk  persen dan pecahan biasa.
3. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil.   .       2x40 menit           
          Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.
Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron).
Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal.     ·1    Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.
    Tes tertulis    Uraian    Hitunglah:
1. . 2,5  +  3,75 = .
2.  21,2  -  9,85 =
3. 1 ½  x  2/3 = .
4. ¾  :  ½  = .
5. 1,25 +1 = .    4x40 menit           
1.2    Menggunakan sifat-sifat opera-si hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pe-mecahan masalah.    
     Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan)
    ·2    Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
    Tes tertulis    Uraian    Isilah titik-titik berikut ini
1.    a. 9 + 6 = 
     b. 6 + 9 =
   Jadi 9 + 6 = .+ .
Apa yang dapat kamu simpulkan.
2.    a. 3 x (5 x 4) =
     b. (3 x 5) x 4 = .
   Jadi 3 x (5 x 4) = (.x.) x .
Apa yang dapat kamu simpulkan.    1x40 menit           
          Menyelesaikan masalah  dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan dan penarikan akar pada operasi campuran.    ·3    Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
    Tes tertulis    Uraian
    Hasil dari:
 = 
    2x40 menit           
          Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat
    ·4    Menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
    Tes tertulis    Uraian





    Pada hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan, Yudha, dan Novan?    2x40 menit           
          Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan.    ·5    Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.
    Tes tertulis    Uraian    Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut?    4x40 menit           
v1    Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )   



Silabus PEMBELAJARAN


Sekolah    : SMPK Binawirawan Maumere
Kelas    : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester    : I (satu)
ALJABAR
Standar Kompetensi: 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


    
               Penilaian   
    
       
                    Teknik    Bentuk    Contoh Instrumen                
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
    Bentuk aljabar
    Mendiskusikan pengertian bentuk aljabar

Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku sejenis
    ·1    Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
    Tes lisan    Daftar pertanyaan    1. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.    2x40 menit    Buku Teks, lingkungan      
          Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.    ·2    Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
    Tes tertulis    Uraian

    Hitunglah:
1. 2x+3+ 5x-6
2. 4xy   2x
3. (4x)2 : 2x     4x40 menit           
          Menggunakan sifat operasi
hitung  untuk menyelesaikan
soal yang dinyatakan dalam
bentuk aljabar.
Melakukan operasi  hitung
pada pecahan biasa untuk
menyelesaikan pecahan aljabar
dengan penyebut satu suku     ·6    Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal
    Tes tertulis    Uraian

    Suatu persegipanjang, panjang 2x cm, lebar 3x cm. Nyatakan luas dan kelilingnya dalam x.    2x40 menit           
2.3.Menyele-saikan per-samaan linear satu variabel.    Persamaan linear satu variabel.    Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
    ·1        Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel    Tes lisan    Daftar pertanyaan    Manakah yang merupakah PLSV?
a.    2x = 5
b.    5y
c.    9g – 4 = 10
d.    6 – 5m = 2
e.    2x² = 18    1x40 menit    Buku teks      
          Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama
    ·2    Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
    Tes tertulis    Pilihan    ganda    Manakah yang setara dengan
-5x + 2 = 4?
a. 5x – 2 = -4
b. 10x + 4 = 8
c. -10x – 4 = 8
d. 10x – 4 = -8    2x40 menit           
          Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya
    ·3    Menentukan penyelesaian PLSV
·4    Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.
    Tes tertulis    Uraian    Selesaikanlah persamaan berikut
a.    5y – 12 = 8.
b.         2x40 menit           

          Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel.
    ·5    Menjelaskan PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
    Tes lisan    Daftar Pertanyaan    Manakah yang merupakan PtLSV?
a.     3a + 5 > 2
b.    -4h + 4 ≤ 5
c.    8x -7 = 10
d.    5y ≥ 10
e.   3 > -5    1x40 menit           
          Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama    ·6    Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
    Tes tertulis     Plihan ganda    Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah
a.    5x – 7 ≥ 9
b.    6x + 8 ≥ 10
c.    3x – 4 ≥ 5
d.    -3x + 4 ≥ -5    2x40 menit           
          Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan    ·7    Menentukan penyelesaian PtLSV    Tes tertulis    Uraian    Selesaikanlah  3m – 2 ≤ 10.    2x40 menit           
v2    Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )   

Silabus PEMBELAJARAN

Sekolah    : SMPK Binawirawan Maumere
Kelas    : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester    : I (satu)
Standar Kompetensi: 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.



    
               Penilaian   
    
       
                    Teknik    Bentuk    Contoh Instrumen                
3.1 Membuat ma-tematika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan dan perti-daksama-an linear satu variabel.          Mendiskusikan matematika
Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

    ·8    Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
    Tes tertulis     Uraian    sugi membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00.
Nyatakanlah ke dalam matematika jika harga gula x rupiah setiap kg.    2x40 menit           
          Membuat matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel
    ·3    Mengubah masalah kedalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel    Tes tertulis     Uraian    Umur daryono 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun. Nyatakanlah ke dalam matematika, jika umur daryono x tahun.
    1x40 menit           
3.2 Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan linear satu variabel.          Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
    ·9    Menyelesaikan matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

    Tes tertulis    Tes pilihan ganda    ijul membeli 2 buku. Uang ijul sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah
a.    Rp2.000,00
b.    Rp3.000,00
c.    Rp4.000,00
d.    Rp6.000,00     2x40 menit           
          Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
    ·10    Menyelesaikan  matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
    Tes tertulis    Tes pilihan ganda    Umur dwi 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur dwi sekarang:
A.    kurang dari 28 tahun
B.    28 tahun
C.    25 tahun
D.    22 tahun    2x40 menit           
3.3 Menguna-kan konsep aljabar da-lam peme-cahan ma-salah arit-metika so-sial yang sederhana.          Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari (jual beli)

Mendiskusikan pengertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian.    ·11    Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.
    Tes tertulis    Uraian    Harga 1 lusin pensil adalah Rp18.000,00.
e.    Berapakah harga 1 buah pensil?
f.    Berapakah harga 5 buah pensil?    2x40 menit           
          Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi
    ·12    Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
    Tes tertulis    Tes pilihan ganda    Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%.
Harga beli televisi itu adalah:
a.    Rp1.815.000,00
b.    Rp1.600.000,00
c.    Rp1.500.000,00
d.    Rp1.485.000,00    2x40 menit           
3.4 Mengguna- kan per-bandingan untuk pe-mecahan masalah.          Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala.    ·13    Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
    Tes tertulis    Uraian    Pada suatu peta tertulis:
        skala 1 : 100.000.
Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut?    1x40 menit           
          Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.    ·14    Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
    Tes tertulis    Uraian    Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya?    2x40 menit           

          Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan  berbalik harga(nilai).
Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai).    ·15    Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
    Tes tulis    Uraian    Berilah contoh dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan:
a.    perbandingan senilai
b.    perbandingan berbalik nilai    2x40 menit           
          Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari

    ·16    Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
    Tes tertulis    Uraian    Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah     2x40 menit           
v3    Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )   
Keterangan:
  Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan,  inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.


Mengetahui,
Kepala SMPK Binawirawan Maumere



( Awu Maria Imakulata, S.pd)
NIP:620 031 33642        Maumere,  ....,.........2012
Guru Mapel Matematika.




( Yuwilda Dua Werong)
NIP:_   


Sekolah    : Yuwilda Dua Werong
Kelas    : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester    : II (dua)
ALJABAR
Standar Kompetensi : 4.  Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah


    
               Penilaian   
    
       
                    Teknik    Bentuk    Contoh Instrumen                
4.1    Mema-hami pe-ngertian dan notasi himpunan, serta pe-nyajiannya    
     Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan.    ·2    Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.    Tes tertulis
    Uraian
    Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.    1x40 menit           
          Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan
    ·3    Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan
    Tes lisan    Daftar pertanyaan    Di kelasmu, ada himpunan siswa yang berkacamata. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.    1x40 menit           
          Menyatakan notasi himpunan
    ·4    Menyatakan notasi himpunan
    Tes tertulis    Uraian    Nyatakan dengan notasi himpunan: himpunan bilangan prima kurang dari 20.    1x40 menit           
          Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya
    ·5    Menjelaskan himpunan kosong dan notasinya
    Tes lisan    Daftar pertanyaan    Manakah yang merupakan himpunan kosong?
0 atau {0} atau Ø atau {Ø}    1x40 menit           
4.2 Memahami konsep himpunan bagian.
          Mendiskusikan pengertian himpunan bagian
Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan
    ·6    Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan
    Tes tertulis    Tes pilihan ganda    Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16}
a.    {0, 2, 4, 6}
b.    {8, 10, 12, 14, 16}
c.    {10}    1x40 menit           
          Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan
Menemukan rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan.    ·7    Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan
    Tes tertulis    Uraian    Tulislah semua himpunan bagian dari {a, e, i, u, o}    1x40 menit           
          Mendiskusikan pengertian himpunan semesta
Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta    ·8    Menjelaskan pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.    Tes tertulis    Uraian    Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan asli, maka himpunan semestanya adalah     1x40 menit           
4.3 Melakukan operasi iri-san, ga-bungan, kurang (selisih), dan kom-plemen pada himpunan.

          Mendiskusikan pengertian irisan, gabungan dan kurang (selisih)  dua himpunan.
Menuliskan irisan, gabungan, dan kurang (selisih) dari  dua himpunan.
Menuliskan notasi gabungan dua himpunan.
Menyatakan notasi irisan dua himpunan.
Menyatakan notasi kurang (selisih) dua himpunan.    ·9    Menjelaskan pengertian irisan,  gabungan, dan kurang (selisih) dari dua himpunan
·10    Menentukan irisan,  gabungan dan kurang (selisih)  dua himpunan
    Tes tertulis    Uraian    1. Jelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan
2. Jika A = Himpunan bilangan prima kurang dari 10 dan B = Himpunan bilangan bulat antara 5 dan  15 maka:
A ∩ B =
A U B = .
A – B = .    2x40 menit           
          Mendiskusikan komplemen suatu himpunan
Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan    ·11    Menjelaskan pengertian komplemen dari suatu himpunan
    Tes tertulis
    Uraian    Jelaskan pengertian komplemen dari suatu himpunan!    1x40 menit

           
          Mendiskusikan cara menentukan  komplemen suatu himpunan
    ·12    Menentukan komplemen dari suatu himpunan    Tes tertulis
    Uraian



    Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semesta-nya adalah S adalah himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau sama dengan 10.    1x40 menit           
4.4    Menyaji-kan him-punan dengan diagram Venn.

          Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram
Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan    ·13    Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn

    Tes tertulis    Uraian    Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P ∩ Q?
Manakah yang merupakan P U Q?    2x40 menit           
          Menggunakan diagram Venn untuk menyajian kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan     ·14    Menyajikan kurang(selisih) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn    Tes tertulis    Tes uraian    Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P-Q?    1x40 menit           
          Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan    ·15    Menyajikan komplemen suatu himpunan    Tes tertulis    Uraian    Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S adalah himpunan semua bilangan bulat, dan A adalah himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10.
Manakah yang merupakan Ac?    2x40 menit           
4.5    Menggu-nakan konsep himpunan dalam pe-mecahan masalah.
    Himpunan    Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari    ·16    Menyelesaikan masalah dengan menggunakan  diagram Venn dan konsep himpunan
    Tes tertulis    Uraian    Di dalam suatu kelas ada 30 siswa, 20 siswa diantaranya senang matematika, 15 siswa senang bahasa, sedang 10 siswa tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa siswakah yang senang matematika dan senang bahasa?    2x40 menit    Buku teks, lingkungan      
v4    Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )   





Silabus PEMELAJARAN

Sekolah    : Yuwilda  Dua Werong
Kelas    : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester    : II (dua)
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.



    
               Penilaian   
    
       
                    Teknik    Bentuk    Contoh Instrumen                
5.1Menentu-kan hu-bungan an-tara dua garis, serta besar dan jenis sudut.
    
          ·17    Menjelaskan pengertian dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan).    Tes tertulis

    Uraian    Jelaskan apa yang dimaksud dengan kedudukan dua garis yang:
a.    sejajar
b.    berimpit
c.    berpotongan
d.    bersilangan    2x40 menit   
       
               ·18    Membagi ruas garis menjadi n bagian yang sama panjang dengan jangka.    Tes tertulis


    Uraian    Lukislah ruas garis   dan dengan menggunakan jangka bagilah ruas garis tersebut menjadi 5 bagian yang sama panjang.               
          Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.    ·19    Menjelaskan satuan sudut yang sering digunakan
    Tes lisan
    Daftar pertanyaan    Apakah satuan sudut yang sering digunakan dalam kehidupan?    1x40 menit           
          Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat
    ·20    Mengukur besar sudut dengan busur derajat
    Tes tertulis    Isian singkat    Ukurlah dengan busur derajat sudut-sudut berikut :
a.
                                .
b.
                                .    1x40 menit           
        Mendiskusikan jenis-jenis sudut
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut
    ·21    Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)
    Tes tertulis    Uraian    Jelaskan perbedaan antara sudut siku-siku, lancip dan tumpul  dan berilah contohnya.    2x40 menit          
5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
          Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain



    ·22    Menjelaskan jenis-jenis sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan dipotong oleh garis ketiga (garis lain).    Tes tertulis    Uraian   



Sebutkan  sudut-sudut sehadap, bertolak belakang, dalam berseberangan, luar berseberangan, dalam sepihak, dan luar sepihak pada gambar di atas.    2x40 menit    Buku teks,  dari kawat      
          Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi menggunakan busur derajat
    ·23    Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)
           



Gunakan busur derajat untuk mengukur semua sudut yang tampak pada gambar di atas.
Kesimpulan apa yang kamu peroleh.               
          Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain
    ·24    Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal
    Tes tertulis    Uraian   



Jika besar sudut A = 55º, maka besar sudut CDE =  ,
    2x40 menit           
5.3 Melukis sudut


    Garis dan sudut    Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat
Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka
    ·25    Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka
    Tes tertulis    Uraian   


Lukislah sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar    2x40 menit    Buku teks, penggaris, jangka      
        Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut  60 0  dan  90 0
Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku     ·26    Melukis sudut 600 dan 900.    Tes tertulis    Uraian    Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 600.    2x40 menit          
5.4 Membagi sudut


          Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar
 
    ·27    Membagi sudut menjadi 2 sama besar

    Tes tertulis    Uraian   



Dengan penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama besar    2x40 menit           
          Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300,  450,       1200,    dan 1500.
    ·28    Melukis sudut  300,  450, 1200,    dan 1500.
    Tes tertulis    Uraian    Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 1500.    2x40 menit           
v5    Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )   
Silabus PEMELAJARAN

Sekolah    : Yuwilda Dua Werong
Kelas    : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran    : Matematika
Semester    : II (dua)
GEOMETRI
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya




    
               Penilaian   
    
       
                    Teknik    Bentuk    Contoh Instrumen                
6.1 Mengiden-tifikasi sifat-sifat segiti-ga berda-sarkan sisi dan sudut-nya
    
     Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan segitiga.
    ·29    Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya
    Tes tertulis    Uraian    Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisinya dan beri contoh masing-masing derngan gambar    1x40 menit    ·
·       
          Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan segitiga    ·32    Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya    Tes tertulis    Uraian     Jelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudutnya dan beri contoh masing-masing derngan gambar.    1x40 menit           
    
     Menggunakan lingkungan
untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya
    ·33    Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
    Tes tertulis    Uraian    Jelaskan pengertian dari dua bangun berikut menurut sifat-sifatnya :
a.    persegipanjang
b.    persegi
c.    jajargenjang
d.    belahketupat    2x40 menit           
          Mendiskusikan sifat-sifat segiempat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya.    ·34    Menjelaskan sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.     Tes tertulis    Uraian    Jelaskan sifat-sifat jajargenjang dan persegi ditinjau dari sisi , sudut dan diagonalnya.    2x40 menit           

    
     Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat dengan cara mengukur panjang sisinya
    ·35    Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat
    Tes tertulis    Isian singkat   




Keliling segitga PQR sama dengan .    2x40 menit    Buku teks, bangun datar dari kawat atau dari karton      
          Menemukan luas persegi dan persegipanjang menggunakan petak-petak(satuan luas)
Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegipanjang
Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegipanjang.    ·36    Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat
    Tes tertulis    Isian singkat   



Luas persegipanjang ABCD adalah .    4x40 menit           
         Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat untuk menyelesaikan masalah    ·37    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segiempat
    Tes tertulis    Uraian    Pak masdar mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 10 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan pak masdar?    2x40 menit           
6.4 Melukis segitiga, garis ting-gi, garis bagi, garis berat dan garis sum-bu.
          Menggunakan penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui:
1.    ketiga sisinya
2.    dua sisi dan satu sudut apitnya
3.    satu sisi dan dua sudut    ·38    Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
    Tes tertulis    Uraian    Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 5 cm, 6 cm, dan 4 cm.    2x40 menit           
          Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat.    ·39    Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki

    Tes tertulis    Uraian    Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 3 cm, dan AB = 4 cm.    2x40 menit           
          Menggunakan penggaris dan  jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi suatu segitiga
    ·40    Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.    Tes tertulis    Uraian   

Lukislah ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan?     2x40 menit           
v6    Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )   
Keterangan:
  Sesuai Standar Proses, pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi kegiatan inti.





Mengetahui,
Kepala SMPK Binawirawan Maumere



(Awu Maria Imakulata.S.pd )
NIP: 620 031 33642        Maumere, .....,..... 2012
Guru Mapel Matematika.



(Yuwilda Dua werong)
NIP:-   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar